25 thoughts on “Biaya studi di Jerman

    • Hi Razan,

      pertanyaannya sulit untuk dijawab. Karena tergantung dengan orangnya, bidang studi dan Universitasnya. Biasanya ada yang namanya Regelstudienzeit, yaitu lamanya studi kalo semua ujian, tugas, praktikum, dan tugas akhir selesai sesuai jadwal. Tapi jarang ada orang yang lulus tepat waktu. Ada orang-orang yang lulus setelah tambah 1-2 semester. Ada yang perlu 1,5 kali dari Regelstudienzeit. Ada juga studi sampai 2 kali Regelstudienzeit.

      Sebagai patokan umum, maksimal studi baiknya dibawah 1,5 kali Regelstudienzeit. Contoh Regelstudienzeit Informatik 7 semester, artinya maksimal 10 semester. Ini belum termasuk Studienkolleg selama 2 semester. Tetapi menurut saya pribadi, maksimal studi baiknya hanya tambah 1 atau 2 semester dari Regelstudienzeit.

      Steve

  1. Halo.. ada ga sih universitas di jerman yang benar benar bebas dari biaya kuliah terkecuali biaya iuran itu? di Stutgart semisal? dan kalau ada itu di mana saja yang bagus Engineeringnya?
    Saya sangat berminat sekali bisa kuliah dan bahkan tinggal di sana menetap dan bekerja di sana. Tapi ada kesulitan finansial. Ada rekomendasi mungkin bagaimana untuk bisa kuliah di sana? adakah beasiswa?

    O ya, saya tahun 2012 mau mencoba untuk mendapat beasiswa studienkolleg di Jakarta, nah persiapan yang kira kira perlu disiapkan dari sekarang itu apa saja? selain bahasa

    • Di Jerman masih banyak universitas yang ga minta biaya kuliah(Studiengebühren). Di post diatas dibagian Studiengebühren ada link provinsi mana aja yang ga minta biaya kuliah. Stuttgart masuk ke provinsi Baden Wüttermberg yang pake biaya kuliah. Pada dasarnya universitas di Jerman levelnya hampir sama. Tips dari saya, 1. cari bidang studi dulu. 2. setelah itu baru cari semua universitas yang menawarkan bidang studi itu. 3. dari situ baru pilih-pilih universitas yang secara biaya lebih murah.

      Saya sendiri ga ada pengalaman pake beasiswa. 2 kali saya pernah dapet tunjangan dari http://www.esg-darmstadt.de/ dan dari DAAD. Tapi itu juga tunjangannya cuman dikasih satu untuk studi bachelor dan satu kali untuk studi master, kira-kira 500-1000 € dari setiap lembaga. Kalo yang bener-bener beasiswa tiap bulan, mungkin kamu bisa baca di sini http://iscabeasiswa.blogspot.com/2010/02/beasiswa-untuk-studi-di-jerman-arsip.html, penulis blog ini juga pengalaman sendiri dapet beasiswa.

      Di beberapa post saya yang ini https://studijerman.wordpress.com/2012/01/07/membiayai-studi-di-jerman-dengan-bekerja-sambilan/, saya kasih perhitungan untuk membiayai studi. Pada intinya biayain studi dan hidup sendiri akan berat, tapi bukannya tidak mungkin. Yang sangat penting itu uang jaminan untuk perpanjang visa, kalo itu udah dipasti ada yang tanggung. Sisanya masih bisa cari jalan sendiri.

      • ooh… danke… atas infonya.. hahaha…o ya.. untuk Berlin, Heilderberg sendiri cukup direkomendasikan nda untuk studi di sana? hahha..

      • Dua-duanya ok untuk studi. Berlin setau saya biaya hidup lebih murah, tapi Berlin jauh dari mana-mana. Karena letaknya di utara timur. Negara perbatasannya Polandia. Kalo Heidelberg/HD secara kota sangat bagus, terkenal sebagai kota turis. Tapi juga biaya hidup lebih mahal dan selain itu HD ada biaya studi. Tapi enaknya HD karena letaknya ditengah-tengah jadi ke mana-mana deket, ke Perancis, Mannheim, Karlsruhe, Frankfurt.

  2. Saya rencana mau lanjut kuliah di Jerman tapi masih bingung masuk universitas yang bagus

    klo boleh tau nama akun FB anda apa bro Steve?

    • Yang penting pilih bidang studinya dulu. Setelah itu baru cari universitas, pada dasarnya semua universitas di Jerman kualitasnya sama. Kalo mau kontak lebih lanjut, lewat menu kontak aja. Soalnya saya ga pake fb utk kontak.

  3. Hai, hai… blog-nya sangat informatif sekali. Terimakasih sudah berbagi. Bagaimana dengan Hesse? Saya sedang mencari banyak banyak info mengenai studi di Uni-Phillips Marburg. Thanks ya…

    • Maksudnya Hessen? Hessen salah satu provinsi yg padat, jadi banyak kota-kota besar. Frankfurt, Darmstadt, Wiesbaden. Juga banyak uni dan kerjaan. Letaknya juga di central Jerman jadi ke mana-mana lebih deket. Kalo Marburg saya gitu tau, coba liat juga http://www.marburg.de

  4. Mau nanya, kalo universitas yg cocok buat kuliah S1 kedokteran di jerman uni apa ya? Apakah ada uni yg Studiengebühren nya gratis utk kedokteran?

    • Setau saya kali dari program diploma di Indo jadinya harus ambil studienkolleg dan mulai studi sipil dari awal lagi. Coba cek langsung aja dengan pihak uni, mungkin ada beberapa mata kuliah yang bisa diakui. Sebagian besar uni dan fh di Jerman gratis.

  5. Saya merasa beruntung sekali menemukan blog Anda, karena sangat informatif hehe.. Kalau untuk biaya program Master di Jerman apakah berbeda jauh dengan biaya program Bachelor? Kira2 kisaran untuk program Master di Jerman berapa ya per semesternya?

    Danke 🙂

    • Biaya program Master dan Bachelor per semester pada umumnya sama, yang membedakan lamanya studi. Bachelor perlu 6-7 semester, sedangkan Master 3-4 semester. Biayanya per semester berbeda-beda di setiap FH/uni, contohnya di TU Darmstadt sekitar 250€ Per semester.

  6. Kebetulan anak saya sudah daftar di salah satu agen yang salah dari dia ada orang Jerman, kebetulan untuk biaya 1 meliputi: administrasi-2 + kursus Bhs Jerman sampai dapet ZD ( super intensif 5 bulan ) + daftar Studkol sebesar 7995 EUR+ jaminan 8090 EUR
    Pertanyaanya: berapa semester untuk studkol dan berapa biaya buat studkol
    bagaimana peluang masuk Uni kalo hanya modal ZD+studlkol??

    Trims

    • Supaya ada perbandingan dan tidak dipermainkan oleh agen,
      Untuk lihat perincian biaya persiapan sekolah di Jerman, bisa baca disini:
      https://studijerman.wordpress.com/2013/01/05/studi-di-jerman-butuh-biaya-berapa/
      Untuk Service yang kami tawarkan, bisa baca disini:
      https://studijerman.wordpress.com/2013/01/21/service-untuk-studi-di-jerman/

      Studkol hanya 2 semester. Biaya nya per semester tergantung dari biaya semester dari Uni/FH yang kita daftarkan, jadi bervariasi dari 50 – 200 Eur per semester.
      Peluang masuk uni/fh tergantung dari jurusan yang kita daftarkan. Kalau jurusan Medizin misalnya, banyak yang minta NC. Jadi modalnya adalah nilai yang bagus. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca disini:
      https://studijerman.wordpress.com/2013/01/11/kuliah-bidang-apa-di-jerman/

      Semoga info ini membantu.

      • Trims atas infonya yang sangat membantu …
        Sorry .. ada lagi hehe…
        – Intinya studkol itu tempatnya juga di FH/Uni yang kita mau kuliah ?
        – Anda tidak menuliskan jurusan T Mesin termasuk yang minta NC apakah berarti peluang untuk masuk lebih mudah, tapi peluang kerja di Jerman susah?
        – Menurut pengetahuan anda selama di Jerman, adakah kasus calon mahasiswa terutama dari Indo yang sampai tidak mendapatkan tempat di FH/Uni sampai akhirnya harus pulang dan gagal kuliah di Jerman karena tidak memenuhi syarat ?

        Sekali lagi Trims ya Mas Steve…..

      • Tidak semua FH/Uni menawarkan studkol, jadi untuk FH/Uni yang tidak menawarkan studkol mereka bekerja sama dengan FH/Uni lain yang menawarkan studkol. Jumlah studkol bisa diliat di sini: https://studijerman.wordpress.com/2012/01/24/aufnahmeprufung-untuk-studienkolleg/, sedangkan jumlah FH/Uni jauh lebih banyak dari itu.

        Jurusan Mesin biasanya tidak NC, jadi peluang untuk masuk lebih mudah. Peluang untuk kerja di Jerman sebagai engineer sangat besar, lapangan pekerjaan di Jerman lebih besar dari jumlah tenaga kerja yang ada.

        Dari sepengetahuan saya, yang ada 2 kelompok yang pulang ke Indonesia. Yang pertama, mereka yang tidak masuk Studkol karena tidak lulus-lulus Aufnahmeprüfung(ujian masuk) Studkol. Dalam waktu 18 bulan dari kedatangan, harus sudah masuk fh/uni. Karena makin banyak orang asing yang ingin kuliah di Jerman, sedangkan tempat di Studkol tidak bertambah, jadi persaingan semakin ketat.
        Kalau sudah lulus Studkol, pasti dapat tempat di FH/Uni, terutama kalau jurusannya bukan yang NC.
        Kelompok kedua yang gagal dan akhirnya pulang Indo, mereka yang sudah studi di FH/Uni, tetapi tidak lulus. Dalam waktu 10 tahun dari kedatangan, harus lulus dari FH/Uni.

  7. Guten morgen,
    Saya mau tanya, kalo di frankfurt termasuk salah satu provinsi yg tidak memungut biaya Studiengebühren? Saya masih sekolah diploma dan ingin melanjutkan bachelor disana. Kebetulan saya di jurusan ilmu komunikasi. Ada tidak universitas yg reccomended yg sesuai dengan jurusan saya?
    Danke. .hehehehe

Komentar ditutup.