21 thoughts on “Kalkulasi biaya studi di Jerman

  1. Blognya sangat menarik dan bermanfaat.
    Saya mau nanya, kalau kuliah di Jerman, jurusan kita pas SMA mempengaruhi tidak?
    Apakah semua jurusan bisa mengambil program kuliah apa saja?
    Mohon bantuannya 🙂

      • Terima kasih balasannya 🙂
        Saya mau nanya lagi. Kalau mau kuliah s1 di Jerman, lebih baik menggunakan jasa agen atau tidak ya?
        Terima kasih 🙂

      • Kalo saya hanya pengalaman ngurusin sendiri dan ga ada pengalaman pake jasa agen. Kalo saya pribadi lebih milih ngurusin sendiri, karena jadi lebih ngerti semua birokrasi untuk ngurusin studi di Jerman. Tapi tanya-tanya dulu aja orang-orang yang udah pernah pake jasa agen.

  2. saya mencoba membuka linknya DAAD tapi saya tidak menemukan jurusan pilihan saya “bussiness development”. mohon bantuannya !

    • Universitas/FH biasanya mensyaratkan S1 yang kira-kira sama dengan S2 yang dilamar. Sebaiknya kamu tentuin maunya studi S2 apa, dari situ kamu kontak Uni/FH yang menawarkan program S2 tersebut dan kasi tau kamu lulusan S1 sastra inggris.

  3. halo, maaf mau nanya pak, kira2 apa semua jurusan di universitas di jerman mensyaratkan minimal IPK tertentu gak ya? atau ada jurusan2 tertentu yang tidak mensyaratkan batas minimal IPK kita jika mau ngelamar ke jenjang S2 atau S3?
    mksh byk jawabannya

    • kalo ambil S2/S3 biasanya universitas di Jerman ada seleksi. Jadi sewaktu ngelamar kamu harus kirim ijasah S1 kamu juga. Ada beberapa uni yang kasi tau nilai minimalnya berapa. Tapi ada juga uni lain yang ga persyaratan nilai minimal, tapi tetap mereka seleksi yang melamar.

  4. permisi, numpang nanya dong mas. biasanya untuk studienkolleg ada tes masuknya gak? kalo ada apakah soal2nya susah atau tidak terima kasih 🙂

  5. saya mau tanya utk melanjutkan s2 ke Jerman apakah skripsi menjadi penilaian wajib bagi pelamar?bagaimana jika pelamar dari jalur non-skripsi?

    • Kalau anda dari jalur non-skripsi, apakah kuliah ada S1? Setahu saya kuliah S1 biasanya melalui skripsi. Ada beberapa contoh nyata teman-teman yang sudah kuliah di Indonesia, tetapi bukan S1, mereka harus mengulang lagi dari awal. Artinya, mereka harus ikut Studienkolleg kembali, seperti lulusan SMA.

  6. Numpang tanya,
    apakah anda kuliah di jerman biaya sendiri atau beasiswa? kalau biaya sendiri dan ngurus sendiri (tanpa agen) kira2 butuh waktu berapa lama ya? thanks

    • Saya dulu studi di Jerman biaya sendiri dan juga urus dokumennya sendiri. Butuh waktu berapa lama itu tergantung keadaan kamu dan mau studi apa. Soalnya kalo s1 artinya perlu ambil studienkolleg, kalo s2 bisa langsung masuk. Tapi persyaratan bahasanya juga berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi saya lewat linl kontak.

Komentar ditutup.