Biaya hidup di Jerman

http://www.studi-di-jerman.com/biaya-hidup-di-jerman/

20 thoughts on “Biaya hidup di Jerman

  1. sekarang biaya visa 80 euro, krn dah pake elektronik visa.. bentuknya mirip EC Karte gitu… masa berlaku tergantung Ausländerbehördenya.. kadang cuma dikasih 1 thn, kadang bisa 2 tahun..

  2. rata-rata sekarang biaya telpon untuk student sekitar 20-30 Euro. Kalo ada Promo bisa belasan Euro. masalah izin tinggal sekarang pake eAT biayanya 100 Euro (biaya normal) atau 82,5 Euro (tarif student). biaya entertaiment sama buku juga belom masuk. mungkin untuk jaman sekarang minimum 500 Euro yang paling real menurut pengalaman saya. cuma terkadang masi ada godaan lain sehingga biaya hidup bisa berada disekitar 550-600 Euro.

  3. bagus blognya,,, apalagi di ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi,,,,

    ijin buat refrensi,,,sapa tw da rejeki kuliah dsana….^^

    • saya memang usahakan supaya semua isi blog berdasarkan pengalaman pribadi, tetapi karena itu juga ada beberapa tema yang dibahas lebih subjektiv. Silahkan dijadikan referensi.

  4. terima kasih, blog-nya sangat mmbntu pak terutama bagi saya yg saat ini msh Studkol.
    oh ya, berdasarkan pengalaman saya setahun di Jerman, puji syukur saya mengeluarkan uang rata-rata insgesamt ‘hanya’ sekitar 350-360 Euro pak setiap bulannya ^^

      • awal 2011 – pertengahan September 2011 di Karlsruhe, sekarang pindah ke Nordhausen. Malah di Nordhausen biaya kebutuhan hidup perbulan saya bisa cuma 220 – 250 Euro saja 🙂

    • Yang saya tau ada 2 organisasi gereja untuk mahasiswa di Jerman KHG(Katolische Hochschule Gemeinde) dan ESG(Evangelische Studierendegemeinde). Biasanya mereka ada di kota-kota besar. Kalo sekarang kamu cari di google.de, contohnya “ESG Frankfurt”. Kamu temuin link ke Wohnheim mereka http://www.esg-frankfurt.de/de/wohnheim/index.php. Contoh lain cari “KHG Darmstadt”, kamu juga akan temuin Wohnheim dari KHG untuk di Darmstadt. Tidak semua KHG dan ESG menawarkan kamar, jadinya kamu harus cari-cari.

  5. Ping-balik: Menghemat biaya hidup di Jerman « Ignatius Sapto Condro Atmawan Bisawarna-warni Wordpress

  6. mas Steve..
    terima kasih atas Informasinya..

    Mas..
    saya itu sudah terlanjur Vertrag O2..
    di kontrak itu di katakan kalo kontrak berjalan 2 tahun..
    aq mau Kundigen Vertrag..
    tapi kata mereka tidak bisa..

    tapi setelah saya cari2.. ada website yang mmenyediakan formulir kundigen O2..
    sebenarnya bisa kundigen gak sih??

  7. apa2 saja diperlukan untuk proses pemberangkatan studi di jerman?
    kira2 biaya yang dibutuhkan berapa diluar biaya kursus bahasa jerman di indonesia dan jaminan?.
    dengan biaya hidup sekitar 500E /bulan, dapatkah tertutup dengan penghasilan part timer? tks

  8. Ping-balik: Biaya hidupku di Nürnberg tahun 2012 « Ignatius Sapto Condro Atmawan Bisawarna-warni Wordpress

Komentar ditutup.