15 thoughts on “Kemungkinan bekerja setelah selesai studi di Jerman

  1. Soal mendapatkan pekerjaan, saya sempat dengar bahwa jika sebuah perusahaan membuka lowongan, maka perusahaan tersebut wajib mencari orang jerman yang kompeten terlebih dahulu, sebelum memberikan pekerjaan tersebut ke orang asing. Apa bener begitu?

  2. Hello, sesuai informasi yang saya dapatkan dari ABH Essen,salah satu persyaratan untuk mendapatkan Niederlassungerlaubnis adalah membayar renteversicherung minimum 60 bulan, bukan membayar pajak 60 bulan. Seseorang bisa saja telah membayar pajak selama 60 bulan tanpa bayar renteversicherung, karena pajak dikenakan pada pendapatan minimum 400 Euro/bulan dan renteversicherung dikenakan pada pendapatan minimum 8000 eur/tahun.

  3. Selain Niederlassungserlaubnis…. ada ijin tinggal/kerja yang lebih bagus dari NE, yaitu Daueraufenthalt-EG….. gak ada Nachteilnya, tapi banyak sekali Vorteilnya…… terus mulai Agustus/Sept/Okt nanti Änderung dari AufenthG yang terbaru mulai berlaku, jadi nanti infonya mesti diupdate lagi….

  4. Hallo,

    kurang lebih 4-5 bulan lalu, banyak peraturan baru soal imigrasi setelah kuliah di jerman.
    Singkatnya, mesti di cek di web site atau tanya ke Ausländerbehorde terdekat.

    Selain itu juga baru diperkenalkan Blaue Karte (kaya green card nya EU).

    Pokoknya, banyak peraturan2 baru yang memudahkan orang non EU untuk tinggal di EU.

    Semoga info nya membantu !

  5. mau tanya. jurusan apa dari Indonesia yang bisa cocok bekerja di jerman? soalnya saya lulus sma akan mengambil jurusan kimia dan setelah itu lanjut studi dan kerja di jerman.
    terimakasih

    • jurusan tehnik biasanya gampang untuk dapet kerjaan di Jerman. Temen2 saya yang lulusan elektro, mesin, dan informatik cukup mudah untuk dapet kerja. Kalo sipil dan arsitek agak sulit sementara ini, tetapi juga bukan bearti tidak mungkin. Kalo seneng kimia, bisa ambil tehnik kimia, biotehnologi, atau tehnik plastik(kunstofftechnik). 3 jurusan ini juga mudah untuk dapet kerjaan.

Komentar ditutup.