19 thoughts on “Kuliah bidang apa di Jerman?

  1. Kak, mau tanya yg tadi di point minat bakat itu kok dibilang “calon mahasiswa mengharuskan pengalaman praktek kerja”. Itu buat calon mahasiswa s2 aja kan? Kalau calon mahasiswa s1 kan ndak harus punya pengalaman kerja kan kak? Makasih

    • Kerja praktek (dalam bahasa Jermannya Vorpraktikum) biasanya untuk S1. Vorpraktikum ini maksudnya supaya calon mahasiswa melihat dulu dunia pekerjaan dari studi yang mau diambilnya. Dalam praktek kerja ini biasanya calon mahasiswa hanya membantu pembimbing dari tempat kerja dalam tugasnya sehari-hari.
      Tidak semua bidang kuliah di uni/fh meminta Vorpraktikum. Jadi sebaiknya lihat benar-benar persyaratan setiap uni/fh.

  2. Saya ingin sekali ambil Medizin tapi nilai kimia UN saya jelek sekali. Kalau di ijazah nilai kimia gabungan UN + UAS saya jadi 5,4 :”'(
    Pertanyaan:
    1. Apakah yang dilihat hanya nilai UN saja buat masuk studkol?

    2. Teman saya bilang kalau ada uni yg hanya lihat nilai bahasa jerman saja dan nilai pelajaran lain tidak begitu dilihat, apa benar?

    Ich moechte sehr Medizin studieren. T______T

    Ich freue mich sehr auf Ihre Antwort.

    Agi

    • Agi, kamu harus mengerti kalau kamu harus mendaftar ke Uni bukan ke Studkol. Kalau kamu diterima, Uni akan merunjuk kamu ke Studkol. Untuk masuk Uni bidang Medizin, biasanya ada Numerus Clausus (NC). Misalnya ada 100 tempat di Uni A, 100 calon mahasiswa dengan nilai terbagus yang akan dapat tempatnya. Kalau kamu termasuk dalam 100 calon mahasiswa ini, Uni akan mengirimkan surat berisi informasi kalau kamu akan diterima 1 tahun berikutnya kalau kamu lulus Studkol yang mereka rujuk.

  3. Jadi kalau mau dapet studkol di jerman harus mendaftar di uni dulu ya baru bisa daftar studkol? atau harus daftar studkol baru jadi persyaratan keterima uni?

    Danke schoen 🙂

    • Syarat masuk Uni adalah lulus Studkol untuk orang Indonesia. Jadi kalau kamu mendaftar di Uni, mereka akan lihat ijazah kamu. Uni akan menerima kamu dengan persyaratan kamu lulus Studkol dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh Uni tersebut. Lulusan Sekolah Menengah dari Indonesia akan dirujuk ke Studkol oleh Uni tersebut.

      • Oh, jadi setelah uni melihat nilai kita dari ijazah, uni akan memberikan surat rekomendasi ke kita untuk bisa masuk studienkolleg, begitu ya? Jadi bebas bisa memilih studienkolleg mana aja atau ada studkol yang mempunyai kerja sama dengan uni yang kita daftarkan?

      • berarti step_nya ke Univ dulu, bari kita tau nanti harus ke stud koll mana? bagaimana kalau stud koll yang ada di Indonesia? apakah juga hanya berafiliasi dg univ tertentu, atau berlaku untuk semua univ di German?

      • Di formular untuk melamar universitas, ada pertanyaan apakah studienkolleg diperlukan. Kalo kamu pilih itu, maka kamu akan automatis dilamarkan ke studienkolleg yang bekerja sama dengan universitas tersebut. Kalo untuk proses studienkolleg di Indonesia saya kurang jelas.

  4. kak, mau tanya.. jadi intinya apply ke uninya kan? cara aplynya gimana ya kak? saya baru akan lulus tahun ini.. saya mau ambil medizin..
    vielen dank.. 🙂

    • Lihat ke website uni yang kamu mau daftarin. Mereka kasih tau dokumen apa saja yang harus dilampirkan. lalu kirim dokumennya ke mereka. Caranya sama saja seperti kamu daftar uni di Indonesia.

  5. Anak saya saat ini kelas tiga sma dan ingin melanjutkan studi bisnis admnistrasi di Jerman.
    Kalau pilihannya di manheim bussiness school apakah langsung melamar ke sekolah tersebut atau ikut studkol baru melamar ke sekolah. Terima kasih atas informasinya.

  6. anak saya mau kuliah arsitek di German. apakah semua univ, mempersyaratkan sertifikat magang seperti yang disebutkan dalam postingan diatas? bagaimana magang ini bisa dilakukan untuk anak yang baru saja berangkat dari Indonesia untuk meneruskan kuliah S1 di German? ini artinya memerlukan waktu khusus untuk ini. mohon kalau ada yang bisa di share bagaimana bisa meng arrange kegiatan magang ini bersamaan dengan kegiatan studien kolleg di German. atau jika mengambil studien kolleg di Indonesia terlebih dahulu. Terima kasih

    • Vorpraktikum(kerja praktek/magang) yang dimaksud di sini tidak sama dengan pengertian magang seperti di Indonesia. Di Jerman anak SMP dan SMA juga sudah magang untuk beberapa minggu. Tujuan dari Vorpraktikum ini adalah supaya calon studentnya mengenal dunia pekerjaan dari bidang studi yang mau diambil. Tentunya selama magang anak bapak harusnya tidak diminta untuk mengerjakan pekerjaan arsitek. Tapi anak bapak contohnya bisa membantu arsitek untuk fotocopy, membuat maket, dan pekerjaan-pekerjaan arsitek lainnya yang bisa dikerjaan oleh anak SMA. Biasanya ada waktu antara lulus SMA dan mulai Studienkolleg, waktu ini bisa dipakai untuk magang. Saya lebih menyarankan untuk mengambil magang(Vorpraktikum) di Indonesia, karena lebih mudah untuk mendapat tempat magang di Indonesia. Sebaiknya dicek dulu dengan universitas/FH yang mau dituju apakah Vorpraktikum di Indonesia juga diakui.

Komentar ditutup.